Tuesday, January 26, 2016

Korosi

Korosi

Denger kata korosi pasti udah gak asing lagi ya,biasa kita sebut sih "karatan".
Korosi adalah istilah yang biasanya digunakan untuk kerusakan logam akibat proses elektrokimia.
Kita melihat banyak contoh korosi di sekitar kita. Karat pada besi,noda pada perak,dan "patina" hijau yang terbentuk pada tembaga dan kuningan. Korosi mengakibatkan kerusakan parah pada bangunan,jembatan,kapal dan mobil.
Sekedar informasi nih,kerugian akibat korosi logam bagi perekonomian AS diperkirakan mencapai lebih dari 100 miliar dolar setahun,wow !
Di subbab ini gue akan membahas beberapa proses dasar yang terjadi dalam korosi dan metode untuk melindungi logam dari korosi.Sejauh ini contoh yang paling lazim dari korosi ialah pembentukan karat pada besi.
Meskipun reaksi yang terlibat sangat rumit dan tidak sepenuhnya dipahami,tahap-tahap utamanya seperti ini :


Inilah sebabnya mengapa karat terbentuk begitu cepat dalam perairan asin, Didaerah dingin,garam(NaCl atau CaCl2)yang ditebar di jalan untuk melelehkan es dan salju merupakan penyebab utama pembentukan karat pada mobil.
Korosi logam tidak terbatas hanya pada besi. Kita lihat alumunium,yaitu logam yang digunakan untuk membuat banyak barang berguna,termasuk pesawat udara dan kaleng minuman.Alumunium memiliki kecenderungan lebih besar untuk teroksidasi dibandingkan besi.Berdasarkan fakta ini saja,kita mungkin akan memperkirakan bahwa pesawat udara perlahan-lahan akan terkorosi dalam badai,dan kaleng minuman berkarbonasi akan berubah menjadi tumpuksn slumunium terkorosi.Proses-proses ini tidak akan terjadi karena lapisan alumunium oksida(Al2O3)tak larut yang terbentuk pada permukaannya ketika logam terpapar ke udara berfungsi melindungi alumunium dibawahnya dari korosi lebih lanjut. Namun,karat yang terbentuk pada permukaan besi terlalu berpori sehingga tidak mampu melindungi logam dibawahnya.
Pada atmosfer normal,tembaga membentuk lapisan tembaga karbonat(CuCO3),suatu zat berwarna hijau yang disebut juga patina,yang melindungi logam dibawahnya dari korosi lebih lanjut.Demikian pula,peralatan makan perak yang bersentuhan dengan makanan akan membentuk lapisan perak sulfida(Ag2S).

Sejumlah metode telah dirancang untuk melindungi logam dari korosi. Kebanyakan metode ini bertujuan mencegah pembentukan karat.Cara yang paling jelas ialah melindungi permukaan logam dengan cat. Namun,jika cat tergores ,berlubang atau penyok,dan memperlihatkan sedikit saja bagian logamnya,karat akan terbentuk dibawah lapisan cat.Permukaan logam besi dapat dibuat tidak aktif dengan proses yang disebut pasivasi.Suatu lapisan tipis oksida akan terbentuk ketika logam direaksikan dengan zat pengoksidasi kuat seperti asam nitrat pekat. Larutan natrium kromat sering ditambahkan pada sistem pendingin dan radiator untuk mencegah pembentukkan karat lewat mekanisme yang sama.Kecenderungan besi teroksidasi jauh berkurang bila dicampurkan dengan logam tertentu.Contohnya,pada baja antikarat (campuran besi dan kromium),terbentuk lapisan oksida yang melindungi besi dari korosi.Wadah dari besi dapat dilapisi dengan logam lain seperti timah atau seng. Kaleng"timah" dibuat dengan membuat lapisan tipis timah diatas besi.Karat tidak akan terjadi asalkan lapisan timah tetap utuh.Namun,begitu permukaannya tergores,karat terjadi dengan cepat.Jika kita lihat potensial reduksi standar,berdasarkan aturan diagonal,terlihat bahwa besi bertindak sebagai anoda dan timah sebagai katoda dalam proses korosi.
Jadi meskipun besi terpapar akibat goresan,seng yang tetap akan terserang. Dalam kasus ini,logam seng bertindak sebagai anoda dan besi adalah katodanya.Galvanisasi(pelapisan dengan zink).Pipa,besi,tiang telfon,badan mobil,dan berbagai barang lain dilapisi dengan zink.Berbeda dengan timah,zink dapat melindungi besi dari korosi sekalipun lapisannya tidak utuh.Hal itu terjadi karena suatu mekanisme yang disebut perlindungan katodik.Perlindungan katodik(cathodic protection) adalah proses perlindungan logam dari korosi dengan membuatnya sebagai katoda dalam sel galvanik.Oleh karena potensial reduksi besi lebih positif daripada zink,maka besi yang kontak dengan zink akan membentuk sel elektrokimia dengan besi sebagai katode.Dengan demikian besi terlindungi dan zink yang mengalami oksidasi.


No comments:

Post a Comment