Wednesday, January 27, 2016

Elektrometalurgi

Elektrometalurgi



Metode elektrolisis berguna untuk memperoleh logam murni dari bijihnya atau untuk pemurnian logam.Secara kolektif,proses-proses ini disebut juga sebagai proses elektrometalurgi,keren ya kedengerannya,hihi


Produksi Logam Alumunium
Alumunium biasanya dibuat dari bijih bauksit (Al2O3.2H2O). Oke,pertama-tama bijihnya diolah untuk menyingkirkan berbagai pengotor dan kemudian dipanaskan untuk memperoleh Al2O3 tanpa air.Oksida ini dilarutkan dalam larutan lelehan kriolit (Na3AlF6) dalam suatu sel elektrolitik.Sel ini berisi serangkaian anoda karbon,katodanya terbuat dari karbon dan menjadi pelapis didalam sel.Larutan elektrolisis untuk menghasilkan aluminium dan gas oksigen :

Gas oksigen bereaksi dengan anoda karbon pada 1000oC (titik leleh kriolit) membentuk karbon monoksida,yang keluar sebagai gas. Cairan logam alumunium (titik leleh 6600C) tenggelam ke dasar wadah,dan kemudian dialirkan keluar.

Pemurnian Logam Tembaga

Logam tembaga yang diperoleh dari bijihnya biasanya mengandung sejumlah pengotor seperti seng,besi,perak,dan emas. Logam yang lebih elektropositif diambil dengan proses elektrolisis di mana pada proses ini tembaga tak murni bertindak sebagai anoda dan tembaga murni bertindak sebagai katoda dalam larutan asam sulfat yang berisi ion Cu2+.Setengah reaksinya adalah :

Logam reaktif dalam anoda tembaga,seperti besi dan seng,juga teroksidasi pada anoda dan memasuki larutan sebagai ion Fe2+ dan Zn2+ .Namun,keduanya tidak tereduksi pada katoda.Logam yang kurang elektropositif,seperti emas dan perak,tidak teroksidasi pada anoda.Pada akhirnya,sewaktu anoda tembaganya larut,logam-logam ini jatuh ke dasar sel.Jadi,hasil bersih dari proses elektrolisis ini ialah transfer tembaga dari anoda ke katoda.Tembaga yang buat dengan cara ini memiliki kemurnian lebih dari 99,5 persen. Lo harus tahu juga bahwa logam pengotor (umumnya perak dan emas) dari anoda tembaga adalah produk yang berharga,yang nilai jualnya sering dapat menutup biaya listrik yang digunakan untuk menjalankan elektrolisis.


No comments:

Post a Comment