Baterai
Baterai
adalah sel galvanic,atau beberapa sel galvanic yang disatukan,yang dapat
disatukan sebagai sumber arus listrik searah pada voltase tetap.Meskipun cara
kerja baterai pada dasarnya sama dengan sel galvanic,baterai memiliki
keunggulan karena sifatnya yang berdiri sendiri dan tidak memerlukan komponen
tambahan seperti jembatan garam.Disini kita akan membahas beberapa jenis
baterai yang banyak digunakan.
Baterai Sel Kering
Sel
kering yaitu sel tanpa komponen cairan,yang paling lazim,ialah sel Lenlanche yang digunakan di lampu senter
dan radio transistor.Anoda selnya terbuat dari sebuah kaleng atau wadah seng yang bersentuhan dengan
mangan dioksida (MnO2) dan sebuah elektrolit.Elektrolit ini terdiri
atas ammonium klorida dan seng klorida dalam air,yang ditambahkan pati (amilum)
sebagai pengental agar larutan menyerupai pasta sehingga tidak mudah
bocor.Sebatang karbon berfungsi sebagai katoda yang direndam di dalam
elektrolit ini pada bagian tengah sel.Reaksi selnya adalah
Anoda : Zn(s)
àZn2+(aq) + 2e
Katoda : 2NH4+(aq) +
2MnO2(s) + 2e à Mn2O3(s)
+ 2NH3(aq) + H2O(l)
Keseluruhan
: Zn(s) + 2NH4+(aq)
+ 2MnO2(s) à Zn2+ (aq)
+ 2NH3(aq) + H2O(l) + Mn2O3(s)
Sebenarnya,persamaan
ini merupakan bentuk sangat sederhana dari suatu proses yang rumit.Voltase yang
dihasilkan oleh sel kering sekitar 1,5 V
Baterai Merkuri
Baterai
merkuri banyak digunakan dalam dunia pengobatan dan industry elektronik dan
lebih mahal dibandingkan sel kering biasa.Ditempatkan di dalam sebuah silinder
baja antikarat,aterai erkuri terdiri atas anoda sng (diamalgamkan dengan sebuah
merkuri)yang bersentuhan dengan elektrolit alkali kuat yang mengandung eng ksida
dan merkuri(II) oksida.Reaksi selnya adalah
Anoda :
Zn(Hg) + OH-(aq) à ZnO(s) + H2O(l) + 2e
Katoda:
HgO(s) + H2O(l) + 2e à Hg(l) + 2OH-(aq)
Keseluruhan : Zn(Hg) + HgO(s) à ZnO(s) + Hg(l)
Karena
tidak ada perubahan komposisi elektrolit selama pengoperasian-reaksi sel
keseluruhan hanya melibatkan zat padat-baterai merkuri memberikan voltase lebih
konstan (1,35 V) dibandingkan sel Lenlanche.Baterai merkuri juga memiliki
kapasitas jauh lebih tinggi dan lebih awet.Sifat-sifat ini membuat aterai
merkuri ideal untuk digunakan dalam alat pacu jatung,alat bantu dangar,arloji
listrik dan pengatur cahaya.
Baterai Bertimbal (Aki)
Baterai
bertimbal (aki) yang umum digunakan dimobil terdiriatas enam sel identic yang
tersusun secara seri.Setiap sel mempunyai noda timbal an katoda yang terbuat
dari timbal dioksida(PbO2) yang dikemas pada sebuah pelat logam.Baik
katoda maupun anoda dicelupkan dalam larutan asam slfat,yang berfungsi sebagai
elektrolit.
Reaksi
selnya ialah
Anoda
: Pb(s) + SO42-(aq) à PbSO4(s) + 2e
Katoda
: PbO2(s) + 4H+(aq) + SO42- (aq)
+ 2e à PbSO4(s) + 2H2O(l)
Keseluruhan
: Pb(s) + PbO2(s) + 4H+(aq) + 2SO42-
(aq) à 2PbSO4(s) + 2H2O(l)
Pada
kondisi kerja normal,setiap sel menghasilkan 2 V , jadi total 12 V dari keenam
sel digunakan sebagai catu daya untuk menyalakan rangkaian pengapian mobil dan system
listrik lainnya.Aki dapat memberi banyak arus dalam waktu singkat,seperti waktu
yang dpakai untuk menyalakan mesin
Tidak
seperti sel Leclanche dan baterai
merkuri,aki dapat diisi ulang (rechargeable).Pengisian ulang baterai berarti membalik
reaksi elektrokimia normal dengan menerapkan voltase eksternal pada katoda dan
anoda.(jenis proses ini dinamakan elektrolisis).Reaksi pengisian material awalnya
ialah
PbSO4(s)
+ 2e à Pb(s) + SO42-(aq)
PbSO4(s)
+ 2H2O(l) à
PbO2(s) + 4H+(aq) + SO42- (aq)
+ 2e
Keseluruhan
: 2PbSO4(s) + 2H2O(l)
à Pb(s) + PbO2(s) + 4H+ (aq)
+ 2SO42-(aq)
Reaksi
keseluruhan sepenuhnya berlawanan dengan reaksi sel normal.
Dua
aspek kerja aki perlu mendapat perhatin.Pertama,karena reaksi elektrokimia
menggunakan asam sulfat,seberapa kurang aki dapat diperiksa dengan mengukur
kerapatan elektrolit dengan hydrometer,seperti lazimnya dilakukan di
bengkel.Kerapatan cairan dalam aki yang baik dan penuh arus sama atau lebih
besar dari 1,2 g/mL.Kedua,orang di daerah dingin kadang-kadang sulit menyalakan
mobilnya Karena akinya”mati” perhitungan termodinamika menunjukkan bahwa emf dari
banyak sel elektrokimia menurun dengan menurunnya suhu.Namun demikian,untuk
baterai timbal,koefisien suhunya adalah sekitar ,5 x 10-4V/oC,artinya,
penurunan voltase besar 1,5 x 10-4 V untuk setiap derajat penurunan
suhu.Jadi,meskipun perubahan suhunya 40oC,besarnya penurunan voltase
hanyalah sejumlah 6 x 10-3 V ,yaitu sekitar
(6 x 10-3 V/12 V) x 100 % = 0,05 %
Dari
voltase kerja,satu perubahan yang sangat kecil.Penyebab sebenarnya matinya aki
ialah meningkatnya viskositas elektrolit karena suhunya menurun.Agar aki dapat
berfungsi baik,elektrolit harus bisa menghantar sepenuhnya.Naun,ion bergerak jauh
lebih lambat dalam medium yang kental,sehingga resistansi cairan meningkat,mengakibatkan
turunnya daya aki.Jika “ aki mati” dihangatkan sampai mendekati suhu kamar pada
hari yang dingin,kekuatannya dalam menghantar daya akan kembali.
wah menarik sekali ya artikel jembatan baterai bekas, ane baru tau deh gan...
ReplyDeleteAYC Gaming Ltd. announces the launch of
ReplyDeleteThe YC Gaming Ltd. (YC) (formerly YcGaming) Limited, a subsidiary 동해 출장샵 of Wynn Resorts and 동두천 출장샵 Limited, has 통영 출장마사지 officially launched 전라남도 출장안마 its first 이천 출장안마